SARAN SENIOR UNTUK PEMBERKASAN ADIK-ADIK CPNS ANGKATAN 2013


Dokumentasi Pemberkasan CPNS Angkatan 2012
Salam Pembaharuan....

Selamat buat adik-adikku para CPNS Kemenkumham Kanwil Jatim Angkatan 2013. Postingan ini kami buat hanya sekedar sharing buat adik-adik semua terkait dengan diadakannya pemberkasan pada 07 s/d 10 Januari 2014 nanti.
Kakak-kakak kalian (Angkatan 2012) dulu sama sekali kosong pengetahuan tentang CPNS, tapi kalian kali ini enak karena sudah banyak situs web yang menyediakan pengetahuan tentang CPNS terlebih tentang Kementerian kita KEMENKUMHAM.
Kalian mungkin telah melihat pengumuman kalian pada SEK.KP.02.01-931 tanggal 24 kemarin. di bawah surat itu ada tanda tangan Sekjen Kemenkumham atas nama Y. Ambeg Paramarta, SH.,MSi. Kalian harusnya berbangga pada beliau, dia adalah Kepala Kantor Wilayah (Ka. Kanwil) Jawa Timur sebelum Bapak. Indro Purwoko (yang sekarang). Tahun lalu yang buka sambutan pemberkasan kami adalah P. Ambeg tersebut.
Perlu adik-adik ketahui, selain pengumuman dari website kemenkumham kemarin, kalian nanti akan menerima surat panggilan pemberkasan. Surat tersebut dari Kanwil Jawa Timur yang ditujukan ke alamat adik-adik semua (alamat yang dicantumkan pada berkas pendaftaran). Biasanya surat tersebut selisih satu hari dari jadwal, jika jadwal pemberkasan tanggal 07 Januari 2014, mungkin di surat itu akan tertulis 06 januari 2014. Mengapa demikian? Karena pada tanggal 6 tersebut kalian akan di beri pengarahan terkait berkas-berkas yang akan disertakan pada pemberkasan.
Pada pengumuman dari website, kalian di suruh menyiapkan :
 Klik pada gambar untuk  memperbesar ukuran

Sorry saya malas ngetik, jadi saya copy pastekan pengumuman kalian kemarin. Oke, kita bahas satu persatu. 
Mulai point (1) "LAMARAN" ini kalian siapkan di kertas folio bergaris dan juga materainya jangan lupa, dan karena semua hal rangkap 3, maka siapkan juga semua asli termasuk materai. Masalah isi lamarannya bagaimana, nanti pada hari pertama pemberkasan akan diberi tahu oleh kepegawaian Kanwil Jatim. Jadi kalian siapkan saja kosongannya dulu.
Point (2), Ijazah dan Transkrip Nilai/SKHU. Pada point ini "hati-hati", di lampiran sudah dijelaskan bahwa legalisasi SMA Sederajat Negeri cukup Kepsek, untuk yang swasta selain legalisasi dari Kepsek harus ada dari Dinas Pendidikan minimal di Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota adik-adik sekalian. Biasanya untuk yang dari swasta lupa untuk legalisir dari Dinas Pendidikannya. Ingat, semua ini lengkap dari SD, SMP, SMA,dan Perguruan Tinggi (Bagi Pelamar dari S1/Dokter)
Point (3) dan (4), Daftar Riwayat Hidup dan Pernyataan Model bla-bla-bla.... Ini kalau kalian googling pasti nemu, namun untuk menghindari kekeliruan download, kalian nanti waktu pemberkasan hari pertama akan di beri copy'an file tersebut dari Kepegawaian Kanwil Jatim. Jadi tunggu saja dan jangan gegabah ambil tindakan.
Point (5), Kartu Pencaker(dulu disebut Kartu Kuning), Di pengumuman disebutkan Asli dan Fotocopy. Namun saya sarankan kalian sediakan Asli, Copy+legelisir, dan Copy. Kenapa? karena kalau nanti tiba-tiba di minta yang legalisiran, kalian sudah sedia. :)
Point (6), SKCK. Seperti halnya point (5) sediakan legalisir dan yg fotocopy biasa.
Point (7), Keterangan Sehat. Ini bisa di minta dari puskesmas di dekat rumah adik-adik. Biasanya isinya cuma tinggi, berat badan, dan tensi. Namun seperti point (5) sedia juga legalisasinya, jangan cuma fotocopy saja.
Point (8),Keterangan Bebas Narkoba. Surat ini kalian langsung saja ke RSUD di dekat rumah kalian, keloket pendaftaran dan bilang mau ngurus surat bebas narkoba untuk pemberkasan CPNS. Setelah tes urine dan dapat suratnya, jangan lupa di fotocopy. namun layaknya point (5) , sediakan juga legalisirnya.
Point (9), Pas Foto. Di pengumuman tidak dijelaskan hitam putih atau warna. Kalau kakak-kakak kalian dulu diminta hitam-putih, namun kalian sediakan saja hitamputih, warna background biru dan merah, untuk jaga-jaga saja.
Point (10) Surat Kenal Lahir/Akte Lahir. Seperti point (5) juga, kalian sediakan fotocopy dan fotocopy+legalisir dari Kantor Catatan Sipil di Kota/Kabupaten tempat tinggal adik-adik. Sekali lagi untuk jaga-jaga.
Point (11) KTP/Kartu Tanda Penduduk. Seperti point (5) juga, kalian sediakan fotocopy dan fotocopy+legalisir dari Kantor Catatan Sipil di Kota/Kabupaten tempat tinggal adik-adik. Sekali lagi untuk jaga-jaga, pokoknya jaga-jaga lah...
Point (12) Stopmap. Ini yang paling penting, jangan sampai salah warna untuk SMA,S1, dan, Dokter. Tapi untuk lebih afdol lagi, jangan beli stopmap yang harganya Rp. 500,-'an... yang bahan kertasnya jelek. Kalian beli stopmap yang harganya Rp. 1.500 atau Rp. 2.000,-'an yang bahan kertasnya kayak kertas buffalo. masak gak mampu beli?? Hehehe...
untuk penulisan nama, alamat,no HP, email,dll yang ada di depan stopmap, mending kalian print. cukup setengah HVS aja dan tempel di stopmap demi kerapian berkas adik-adik semua.
Selamat bergabung dengan kami di KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA KANTOR WILAYAH JAWA TIMUR.

Salam Pembaharuan.....


NB:
  • Kalian lihat salam yang saya tulis "SALAM PEMBAHARUAN", jika ada yang bilang begitu, kalian jawab "SIAP LAKSANAKAN"
  • Kalian lihat kolom kanan blog ini? Ada "MARS KEMENKUMHAM" itu kalian hafalkan, biasanya nyanyi bareng.
  • Untuk Pakaian tidak dijelaskan, tapi seragamkan atasan hitam dan bawahan putih. jangan lupa sepatunya juga hitam (Pantofel). Dulu pemberkasan 2012, ada satu kakak kalian yang gak seragam putih-hitam lho.. Hahahaha..
  • Contoh lamaran Saya tahun lalu KLIK DISINI
  • Contoh surat panggilan pemberkasan tahun lalu KLIK DISINI
  •  Karena file yang di minta nanti rangkap 3, kalian lebihin 1 rangkap berkas untuk arsip kalian. Jadi total ada 4 berkas.
  • Saat pemberkasan saling kenalan dengan teman seangkatan, jangan lupa minta no HP, Pin BB, email, FB, Twitter, dll. Saya berharap kalaian juga punya wadah berbagi seperti angkatan kami. Baik itu berupa blog atau group FB. Seperti blog angkatan 2012 (http://kemenkumhamjatim2012.blogspot.com/) atau grup FB angkatan 2012 (https://www.facebook.com/groups/kemenkumham.jatim/) karena nanti kalian akan membutuhkan satu sama lain. Baik saat orientasi, diklat prajabatan, maupun dalam hal pekerjaan.